Musik elektronik tari (juga dikenal sebagai EDM, musik dansa, klub musik, atau hanya tari) adalah satu set perkusi musik elektronik genre diproduksi terutama untuk tari berbasis lingkungan hiburan, seperti klub malam . Tari musik umumnya diproduksi untuk digunakan oleh DJ , kadang-kadang oleh DJ sendiri, yang kemudian melakukan live-set pengaturan musik mereka sendiri, atau memainkan lagu dari seniman yang berbeda dalam pola berirama di mereka campuran DJ , maju dari satu lagu ke berikutnya, sering perulangan bagian, menambahkan sampel atau menggunakan efek suara untuk menghibur. [1]
Pada tahun 2010, akronim "EDM" diadopsi oleh Amerika industri musik dan musik tekan sebagai kata kunci untuk menggambarkan AS musik dansa elektronik yang semakin komersial. [2] [3] Namun banyak [ siapa? ] DJ dan produser keberatan dengan penggunaan akronim ini. [ rujukan? ]
Komersialisasi Amerika Utara EDM [ sunting ]
Awalnya, musik dansa elektronik mencapai eksposur populer terbatas di Amerika ketika itu dipasarkan sebagai " electronica "selama pertengahan hingga akhir 1990-an. [11] Pada waktu itu, gelombang band musik elektronik dari Inggris, termasuk The Prodigy, The Chemical Brothers , Fatboy Slim dan Underworld , telah prematur dikaitkan dengan "revolusi electronica Amerika." [12] [13] Namun, bukan EDM menemukan kesuksesan mainstream yang lebih luas, itu diturunkan ke margin dari industri . [12] Meskipun domestik perhatian media musik "electronica" pada paruh kedua tahun 1990-an, rumah dan techno produsen Amerika terus bepergian ke luar negeri untuk membangun karier mereka sebagai DJ dan produser. [12]
Pada pertengahan 2000-an, sejumlah faktor menyebabkan menonjol meningkat untuk bertindak tari di Amerika Utara yang lebih besar dari sebelumnya diamati. Daft Punk kinerja 's di 2006 Coachella Festival disambung di duo Hidup 2006/2007 tur, yang menampilkan pengenalan yang unik piramida -berbentuk desain panggung dan pencahayaan rig, dipengaruhi apa spin digambarkan sebagai " perlombaan senjata "untuk efek visual dalam musik elektronik. Spin juga dianggap sebagai tindakan untuk menjadi" titik kritis "untuk EDM, sebagai penampilan memicu nostalgia era electronica, dan memperkenalkan duo untuk generasi baru "anak batu". [12]
Pada tahun 2009, Perancis rumah musisi David Guetta mulai semakin dikenal di arus utama musik pop setelah rilis 2009 dari " Ketika Cinta Membawa Lebih "(menampilkan vokal dari Kelly Rowland ), yang populer secara internasional pada kedua pop chart musik dan tari. Keberhasilan lagu menyebabkan kolaborasi lebih lanjut dengan pop dan lainnya hip-hop bertindak, seperti Akon (" Sexy Pelacur ") dan The Black Eyed Peas . [14] Kolaborasinya dengan yang terakhir, " I Gotta Feeling ", adalah sukses besar bagi The Black Eyed Peas dan Guetta-di AS, lagu ini mencapai penjualan 249.000 download dan memulai debutnya di Billboard Hot 100 di nomor dua, di belakang sebelumnya single "mereka Boom Boom Pow ". [15] Lagu akhirnya mencapai nomor 1 pada tanggal 30 Juli 2009, dan majalah Billboard melaporkan bahwa lagu, bersama dengan "Boom Boom Pow," membantu kelompok mempertahankan 17 minggu berjalan di atas Hot 100, jangka waktu terpanjang dicapai oleh tunggal, duo atau kelompok. [16]
Peningkatan keunggulan The EDM juga dipicu oleh konser dan festival, seperti listrik Daisy Carnival , yang menempatkan penekanan meningkat pada pengalaman visual (seperti video dan efek pencahayaan), fashion (yang The Guardian ditandai sebagai evolusi dari tahun 1990-an "kandi homo "menjadi" [a] licin dan sexified namun juga silam-nyata gambar tengah antara Pantai Venice dan Cirque Du Soleil , Alice In Wonderland , Willy Wonka dan parade Gay Pride "), dan DJ sendiri, yang mulai mencapai celebrity- status sejenisnya. Website seperti YouTube dan SoundCloud juga membantu bahan bakar peningkatan minat rumah dan jenis-jenis musik elektronik, seperti rumah elektro dan dubstep-baik yang juga telah mengembangkan hard rock -influenced suara dipopulerkan oleh produsen seperti Eksisi , Partai Pisau , Rusko dan, yang paling menonjol, produser AmerikaSkrillex . [17] [18]
Pada 2011 Spin menyatakan awal dari sebuah "generasi baru rave," yang dipimpin oleh nama-nama seperti Guetta, produser Kanada Deadmau5 , dan Skrillex, yang diikuti oleh gelombang baru konsumen mainstream. [12] Elemen EDM juga mulai muncul di lagu-lagu oleh artis utama, sebagai kolaborasi terjadi dengan artis seperti Afrojack dan Calvin Harris . [12] produser EDM dan DJ juga mulai mengalami kesuksesan klub bermain menunjukkan di kota-kota AS seperti Las Vegas ; pada saat itu, Diplo berpendapat bahwa promotor bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari DJ atas tindakan-tindakan lain, yang menyatakan bahwa "sebuah band memainkan, itu 45 menit,. DJ bisa bermain selama empat jam band-ada Batu adalah dudes headliner beberapa yang dapat memainkan 3.000-4.000 tempat -capacity, tapi DJ memainkan tempat yang sama, mereka berpaling kerumunan lebih dari dua kali, orang membeli minuman sepanjang malam di lebih tinggi harga-itu win-win. " [12] tindakan utama lainnya mendapatkan menonjol selama periode ini, seperti Avicii dan Swedia House Mafia , terpilih untuk menggelar konser tur di tempat-tempat utama seperti arena bersama penampilan klub malam; pada Desember 2011, Swedia House Mafia menjadi yang pertama musik tindakan elektronik untuk menjual New York City 's Madison Square Garden . [17] Pada November 2013, majalah Trades Musik disebut EDM genre yang paling cepat berkembang di planet ini. [19]
Selain pertumbuhan EDM melalui acara live dan Internet, radio dan televisi juga dikreditkan dengan membantu untuk meningkatkan perhatian utama: analis mencatat bahwa penjualan Calvin Harris " Feel So Tutup "dan Swedia House Mafia ini" Apakah Anda Khawatir Anak "dramatis meningkat setelah mereka mulai menerima radio hit kontemporerdiputar. [20] EDM lagu dan artis telah ditampilkan dalam iklan dan program televisi, sementara beberapa seniman telah menghasilkan lebih pop lagu berorientasi untuk membuat pekerjaan mereka lebih mudah diakses oleh khalayak mainstream. [ 21] Pada Januari 2013, Billboard memperkenalkan EDM berfokus baru Dance / Electronic Songs chart, pelacakan atas 50 lagu elektronik berdasarkan penjualan, penyiaran radio, klub bermain, dan streaming online. [22]
Investasi perusahaan di EDM [ sunting ]
Sesuai dengan pertumbuhan yang signifikan dalam popularitas mainstream, EDM menjadi semakin menarik bagi investor luar, dengan beberapa membandingkannya denganbooming dot-com di akhir 1990-an. Awal perusahaan konsolidasi di industri EDM dimulai pada 2012; terutama dalam hal acara live. Pada bulan Juni 2012, eksekutif media yangRobert FX Sillerman (pendiri apa yang sekarang Hidup Bangsa ) kembali meluncurkan SFX Entertainment sebagai konglomerat EDM-terfokus, dan mengumumkan rencananya untuk menginvestasikan US $ 1 miliar untuk akuisisi properti EDM terkait. Pembelian Nya termasuk sejumlah promotor regional dan festival (termasuk ID & T , penyelenggara tahunan Tomorrowland festival di Belgia), bersama dengan dua operator klub malam di Miami , AS, dan Beatport , sebuah toko musik online EDM-oriented. [23] [24 ]
Live Nation saat ini juga telah melakukan investasi ke EDM, dengan akuisisi Cream Holdings dan keras Events , dan mengumumkan "kemitraan kreatif" dengan Acara Insomniacpada tahun 2013; [25] CEO Michael Rapino percaya bahwa EDM adalah baru " rock 'n 'roll "dari generasi tersebut. [26] [27] [28] iklan juga semakin terkait diri dengan industri EDM;misalnya, perusahaan minuman beralkohol seperti Heineken dan Anheuser-Busch telah mempertahankan hubungan pemasaran dengan Music Festival Ultra dan SFX, masing-masing. Heineken juga dimasukkan produsen Belanda, seperti Armin van Buuren dan Tiesto , dalam kampanye pemasaran mereka. Manajer Avicii Ash Pournouri dibandingkan industri EDM semakin komersial untuk transformasi dan komersialisasi hip hop, yang terjadi pada awal 2000-an, dengan alasan bahwa "dunia usaha" mulai "menangkap" untuk EDM. [21]
Clear Channel Communications , komersial terbesar AS radio konglomerat, pada 20 Desember 2012 meluncurkan tarian radio format Boston pada WHBA stasiun bawah merekEvolution 101.7. Dipasarkan sebagai "nyata pertama stasiun EDM" di Amerika Serikat, stasiun, yang berubah yang surat panggilan ke WEDX , adalah perpanjangan dari Evolutionsaluran radio internet pada perusahaan iHeartRadio layanan. Clear Channel juga menyewa DJ Inggris terkemuka dan BBC Radio 1 kepribadian Pete Tong untuk menghasilkan konten untuk Evolution. [29] Pada bulan Juni 2014, tarian / Format EDM dari WEDX dijatuhkan mendukung musik country ; format, bagaimanapun, dipindahkan ke HD Radiosubchannel dari stasiun adik. [30] [31] [32]
Laporan 2014 bisnis dengan Music Summit International (IMS), memperkirakan pasar industri EDM senilai $ 6200000000 per tahun. [33]
Kritik EDM komersial [ sunting ]
Meskipun penerimaan utama pertumbuhan EDM, sejumlah produsen dan DJ, termasuk Carl Cox , Steve Lawler , dan Markus Schulz , telah menyuarakan keprihatinan bahwa dirasakan komersialisasi over-musik dansa telah berdampak pada "seni" DJing. Cox melihat "tekan-play" pendekatan generasi baru EDM DJ tidak menjadi wakil dari apa yang disebutnya "DJ etos". [17] Menulis di Mixmag DJ Tim Sheridan mempertanyakan apakah atau tidak EDM bertanggung jawab untuk mempengaruhi seni DJing tradisional. [34]Sheridan berpendapat bahwa munculnya "tombol push DJ" yang menggunakan fungsi auto-sync dan pra-rekaman set menampilkan "hits jelas" daripada beragam pilihan musik telah menyebabkan situasi di mana " tontonan, uang dan showbiz [telah] terkejar semua-bahkan gagasan kejujuran. " [34]
Beberapa produsen rumah telah secara terbuka mengakui bahwa "komersial" EDM diperlukan diferensiasi lebih lanjut dan kreativitas. Avicii (yang 2013 album " Benar "lagu unggulan memasukkan unsur musik bluegrass , seperti yang lead single " Wake Me Up ") menyatakan bahwa" tidak ada umur panjang "di sebagian besar EDM. [35] Deadmau5 juga mengkritik homogenisasi EDM, menyatakan bahwa musik dia mendengar "semua terdengar sama," dia menekankan diversifikasi ke dalam genre lain, seperti techno dan, pada 2014, ia merilis sebuah lagu techno bawah moniker "TestPilot" untuk Richie Hawtin label 's, Ditambah 8 . Selama 2014 Ultra Music Festival, Deadmau5 membuat pernyataan menyerang dan datang EDM artis Martin Garrix , dan selama set-nya kemudian di malam hari (di mana ia diisi untuk Avicii, yang berhalangan hadir karena masalah kesehatan), ia memainkan versi diedit dari lagu "Garrix ini Hewan "remix dengan melodi" Old McDonald Memiliki Pertanian ". Setelah kinerja, Deadmau5 juga dikritik di Twitter oleh sesama musisi elektronik Tiësto untuk "sinis" pencampuran Avicii " Levels "dengan sendiri" Ghosts 'n' Stuff ", bertanya dalam menanggapi" Bagaimana seseorang memutar lagu sinis? "Apakah aku seharusnya mencibir sambil menekan tombol sync? Atau itu ironis? " [36] [37] [38] [39]
Pada bulan Mei 2014, NBC serial komedi Saturday Night Live diparodikan stereotip budaya EDM dan push-tombol DJ melalui Pendek Digital berjudul "Ketika Akankah Bass Gugurkan?". Pendek menampilkan DJ bernama Davvincii-yang terlihat melakukan sejumlah tugas-termasuk berhubungan memainkan permainan komputer , menggoreng telur , dan mengumpulkan uang daripada benar-benar pencampuran, dan menekan raksasa "BASS" tombol untuk menyebabkan kepala peserta untuk meledak. [40] [41] [42]
Terminologi [ sunting ]
Istilah "musik dansa elektronik" digunakan di Amerika pada awal tahun 1985, [43] meskipun istilah "musik dansa" tidak menangkap sebagai istilah selimut untuk genre (s) sampai paruh kedua tahun 1990-an, ketika itu dianut oleh industri musik Amerika dengan "Dance" grafik (yang terus hari ini), serta konsistensi penggunaan istilah "musik dansa" mengacu pada seniman dalam tinjauan. [43] Pada bulan Juli 1995 Catatan Nervous dan majalah Project X mengadakan upacara penghargaan pertama mereka berjudul "Electronic Dance Music Awards." [44] [45]
Menulis di The Guardian wartawan Simon Reynolds mencatat bahwa adopsi industri musik dari EDM istilah adalah bagian dari upaya untuk kembali merek "budaya rave" di Amerika Serikat; upaya untuk "menarik garis antara EDM hari ini dan 90-an rave". [46] Sementara "EDM" telah menjadi istilah selimut umum untuk genre musik dansa di Amerika Serikat, di banyak bagian Eropa dan online, di Inggris penggunaan " musik dansa "atau" tari "lebih sering digunakan. [47]
Apa yang secara luas dianggap sebagai perubahan klub musik dari waktu ke waktu termasuk genre yang berbeda tergantung pada daerah dan siapa yang membuat referensi, dan mungkin tidak selalu mencakup musik dansa elektronik. Demikian pula, musik dansa elektronik kadang-kadang berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Kedua istilah samar-samar mencakup beberapa genre, dan kadang-kadang digunakan seolah-olah mereka genre sendiri. Perbedaannya adalah bahwa klub musik pada akhirnya didasarkan pada apa yang populer, sedangkan musik dansa elektronik berdasarkan atribut dari musik itu sendiri. [48]
Genre [ sunting ]
Artikel utama: Daftar genre musik elektronik
Sama seperti rock, jazz dan genre musik lainnya telah menetapkan sendiri dari sub-genre, begitu pula musik dansa elektronik. Terus berkembang selama 30 tahun terakhir musik dansa telah pecah off ke dalam berbagai sub-genre sering didefinisikan oleh tempo mereka bervariasi (BPM), irama, instrumentasi digunakan dan periode waktu. [49] Kategori luas meliputi rumah , techno , trance , hardstyle , UK garasi , drum & bass , dubstep , progresif, elektro, perangkap dan hardcore .
Produksi [ sunting ]
Dalam sebuah wawancara April 2014 dengan Tony Andrew, pemilik dan pendiri sistem dianggap sebagai model utama dari teknologi audio dan dipasang di tempat-tempat seperti Funktion-One suara Berghain , Output dan Trouw-Andrew menjelaskan pentingnya bass menari musik :
Andrew juga memperingatkan bahwa terlalu banyak bass, serta terlalu banyak suara secara keseluruhan, bisa berbahaya dan "sound engineer yang baik akan memahami bahwa ada jendela antara suara yang cukup untuk memberikan kegembiraan dan begitu banyak bahwa itu adalah merusak." [50]
Festival [ sunting ]
Lihat juga: Daftar festival musik dansa elektronik
Festival lain, termasuk Lollapalooza dan Coachella telah meningkatkan jumlah EDM bertindak mewakili. [ rujukan? ] Coachella khususnya mengambil jalur petualang memberikan bertindak elektronik profil tinggi di saat mereka jarang memesan bersama band-band rock, di Amerika Serikat pada setidaknya. Rawley Bornstein, MTV musik dan bakat programmer, menggambarkan EDM sebagai "rock and roll yang baru," [51] sebagai memiliki organizer Lollapalooza Perry Ferrell. [52] Ray Waddell, Editor tur di majalah Billboard, mencatat bahwa promotor festival telah melakukan pekerjaan yang sangat baik merek . [51]
Tomorrowland, sebuah festival musik EDM populer di Belgia telah mengumpulkan jutaan pengikut melalui YouTube dan media sosial lainnya. Tomorrowland menyiarkan acara live melalui YouTube dan lebih dari 16,8 juta pemirsa disetel di. Rekap Video 20 menit dari Tomorrowland tahun 2012 mengumpulkan lebih dari 90 juta views di YouTube, sebuah bukti semakin populernya musik dansa elektronik.[53]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar